Rabu, 05 Mei 2010

Pablo Picasso

http://iwandahnial.files.wordpress.com/2010/05/picas-1.jpg

Lukisan pelukis kaliber dunia asal Spanyol, Pablo Picasso ((lahir 25 Oktober 1881– meninggal 8 April 1973 pada usia 91 tahun), berjudul “Nude Green Leaves, and Bust” yang dilukis pada tahun 1932, telah laku terjual seharga 106,5 juta dollar AS (sekitar Rp. 960 miliar) di balai lelang Christie, di New York, Selasa 4 Mei 2010.


Harga tersebut telah memecahkan rekor harga lukisan di dunia. Sebelum dijual, lukisan itu ditaksir seharga $ 70 juta sampai $ 90 juta. Lelang itu berlangsung selama 9 menit dan melibatkan 8 calon pembeli di ruangan lelang dan melalui telepon. Pada harga penawaran mencapai $ 88 juta, penawar tinggal 2 orang. Pada saat penawaran akhir sebesar $ 95 juta, seseorang penawar melalui telepon menutup harga lukisan tersebut sebesar $ 106,5 juta. (Sumber: CBC).


PABLO PICASSO

http://iwandahnial.files.wordpress.com/2010/05/picas-2.jpg

Pablo Ruiz Picasso (lahir 25 Oktober 1881 – meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun) adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis,keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.
-

Pendidikan

Picasso memiliki sifat yang selalu ingin belajar. Perbedaan kota atau negara bukan suatu halangan untuk memperoleh beragam ilmu. Di usia 14 tahun, ia lulus ujian masuk School of Fine Arts di Barcelona dan 2 tahun pindah ke Madrid untuk belajar di Royal Academy. Tak lama kemudian dia kembali lagi ke Barcelona dan bergabung di Els Quatre Gats, tempat para penyair, artis dan kritikus untuk tukar menukar ide yang didapat dari luar Spanyol. Pada usia 23 tahun, Picasso pindah ke Paris, kota pusat seni dunia pada masa itu.


Karya-karya

Picasso menghasilkan 20.000 karya dalam hidupnya. Yang menarik, Picasso sering berganti gaya lukisan. Ini bisa terjadi karena Picasso memiliki banyak teman. Seperti dari gaya lukisan biru dan merah jambu (karena lukisan didominasi warna biru dan merah jambu) berubah drastis ke gaya kubisme, akibat pengaruh pertemanannya dengan George Braque.


Gaya kubisme inilah yang mengejutkan dunia seni, karena mengubah persepsi orang akan suatu keindahan seni. Kalau sebelumnya lukisan wanita mudah dikenali wajah modelnya, oleh Picasso dibuat berubah drastis sehingga bentuk lukisannya sulit dikenali lagi, seperti yang ia tuangkan lewat karya Demoiselles d’Avignon. Ini bukan berarti Picasso sembarangan saja membuat lukisan. Ia sebelumnya telah mempelajari karya pematung Iberia dan patung-patung Afrika lainnya (patung primitif) yang biasanya berbentuk melengkung dan tidak proporsional.

Ketidaksembarangan Picasso juga dibuktikan dengan beberapa eksperimen yang sering dilakukannya, terutama pada perspektif dan distorsi yang ada pada suatu lukisan. Sehingga gaya kubisme temuan Picasso ini mengubah wawasan dunia akan penilaian suatu lukisan. lukisan bukan saja sebagai keindahan seni, tetapi merupakan pula sebagai hasil penelitian dan eksperimen. (Sumber: Wikipedia).






Lukisan
Picasso gaya kubisme berjudul “Demoiselles d’Avignon




Lukisan Picasso berjudul “The Lesson




Lukisan Picasso berjudul “
Three-musicians

-

-


Pablo Picasso


-

-

-

-

-




Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Post

*
 
CalSidoN | Template Ireng Manis © 2010 Free Blogger Template Ajah for DheTemplate.com - New Free Blogger Template Everyday